Pengikut

Rabu, 25 Agustus 2010

upadesa

Om Swastyastu: merupakan salam yang sering dipergunakan oleh umat hindu bila bertemu dengan sesama umat manusia dan kusus dipergunakan oleh umat Hindu.

Suastika adalah suatu lambang ato simbul suci hindu, yang menggambarkan dasar dari kekuatan alam semesta perputaran .

Agam a Hindu di wahyukan oleh Tuhan Yang Maha Esa , Hyang Widi ke dunia. Dan pertama kalinya berkembang di sekitar sungai sindhu ,India.

Tujuan agama Hindu atau Hindu Dharma adalah untuk mencapai kedamaian rohani dan kesejahteraan hidup jasmani,

Hindu dharma memiliki tiga kerangka dasar:

  1. Tatwa(filsafat)
  2. Susila(ethika)
  3. Uacara(ritual)

Ketiganya tidak berdiri sendiri, tetapi ketiganya merupakan satu kesatuan,yang harus dimiliki oleh umat. Hal tersebut sebagai mana halnya manusia, yaitu tatwa bagaikan kepala, susila bagaikan hati dan upacara bagaikan tangan kaki manusia.

Bagaikan telor . dimana sarinya adalah tattwa , putihnya adalah susila dan kulinya adalah upacara.

Disamping ketiga kerangka dasar tersebut hindu dharma memiliki lima sraddha(keyakinan) yang termasuk kedalam tattwa Hindu Dharma; yang terdiri dari :

  1. keyakinan dan percaya akan Hyang Widi
  2. keyakinan dan percaya akan
  3. Keyakinan dan percaya dengan adanya hukum karma pala
  4. Keyakinan dan percaya dengan adanya samsara (reinkarnasi)
  5. Keyakinan dan percaya dengan adanya Moksa

WIDHI TATTWA(FILSAFAT TENTANG HYANG WIDHI)

Hanya ada satu Tuhan sama sekali tidak ada duanya

Karena kemahakuasaan Tuhan , Maha Mulia, Maha Pengasih dan tak terbatas, maha resi menyebutnya dengan banyak nama menurut pungsi atau manifestasi Bliau,dan yang paling utama adalah Tri Sakti yaiitu; BRAHMA, WISNU,SIWA.

BRAHMA SEBUTAN HYANG WIDHI SEBAGAI MANIFESTASINYA SEBAGAI PENCIPTA

WISNU SEBUTAN HYANG WIDHI SEBAGAI MANIFESTASINYA SEBAGAI PELINDUNG,PEMELIHARA

SIWA SEBUTAN HYANG WIDHI SEBAGAI MANIFESTASI PELEBUR , MENGEMBALIKAN PEREDARANNYA KE ASAL, SANGKAN PARAN ( KEMBALI KE ASAL)

Dewa adalah perwujudan dari manifestasi hyang widi , atau perwujudan dari sinar suci Hyang Widhi,yang memberikan kekuatan suci guna kesempurnaan hidup makhluk.

Untuk meyakini Hyang widhi itu ada ada tiga jalan

  1. Praktyaksa pramana>melihat langsung
  2. Anumana pramana>analisa analisa
  3. Agama praman a mempercayai pustaka suci agama


 

ATMA TATTWA

Atma adalah percikan percikan bkecil dari paraatma,Hyang Widdhi.yang berada di dalam makhluk hidup,atman di dalam badan manusia disebut jiwatman, atman menghidupi semua makhluk.atman juga sering disebut roh.


 

HUKUM KARMA PALA.

Karma >perbuatan , Pala> hasil

Karma pala ini dapat memberikan keyakinan kepada kita untuk mengarahkan segala tindak laku kita,

Karma harus dilakukan dengan dasar yang dsebut dngan trikaya parisuda: tiga polah tingkah laku yang disucikan , > berpikikir yang baik dan benar serta suci, berbicara baik dan benar,beringkah laku perbuatan yang baik dan benar,

Pala karma ada Tiga:

  1. Sancita karma>pala dari perbuatan kita terdahulu yang belum habis dinikmati dan masih merupakan benih untuk kehidupan kita yang sekarang


     

  2. Prarabda karma> pala dari perbuatan kita pada kehidupan ini tanpa ada sisa.


     

  3. Kriyamana karama>hasil dari perbuatan kita yang tidak sempatdinikmati pada saat berbuat, sehingga akan diterima pada kehidupan yang akan datang.


 

Dari ketiga tersebut dapat di simpulkan Tegasnya CEPAT ATAU LAMBAT V, DALAM KEHIDUPAN SEKARANG ATAU NANTI,SEGALA PAHALA DARI PERBUATAN ITU PASTI DITERIMA, KARENA SUDAH MERUPAKAN HUKUM.


 

PUNARBAWA>>>>PUNAR>LAGI >BAWA>MENJELMA.(SAMSARA)

Penjelmaan Jiwatman(roh) yang berulang ulang(samsrti) Di dunia ini atau di dunia yang lebih tinggi.

Kelahiran yang berulang ulang di dunia ini membawa akibat suka dan duka , dan samsara ini terjadi oleh karenajiwatman(roh) masih dipengaruhi oleh karma wasana dan KEMATIAN AKAN DI IKUTI OLEH KELAHIRAN.


 

MOKSA

MOKSARTHAM JAGADHITAYA CA ITI DHARMAH

>>TUJUAN AGAMA(DHARMA) ADALAH UNTUK MENCAPAI MOKSA(MOKSA ARTHAM) DAN KESEJAHTERAAN UMAT AGAMA(JAGADHITA)

Moksa berarti kebebasan dari ikatan duniawi, bebas dari karma pala , bebas dari samsara.Moksa akan tercapai bukan hanya setelah manusia meninggalmengahiri hidup di dunia ini , tetapi di dunia inipun moksa itu dapat dicapai,

Dicapainya hanyalah bila sudah bebas dari ikatan ikatan duniawian.

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar